• twitter
  • rss
Jumat, 08 Juli 2011
0

Sahabat….
Hmmm…menurutku arti SAHABAT sangat berarti banget buat aku, susah banget untuk diungkapkan ke dalam bentuk kata apalagi tulisan. Tapi paling tidak aku udah berusaha untuk mengungkapkan indahnya SAHABAT, yang mana kata sahabat bukan sekedar kata sahabat dalam arti kiasan. Sahabat….sebuah kata yang banyak arti, dia bukan sekedar teman biasa, yang hanya/cukup mengenal kita saja. Mereka (sahabat) adalah orang-orang yang benar dekat di hati kita. Kita udah punya rasa kekerabatan yang sangat kuat. Mereka sering ada kalau kita sedih apalagi senang, pasti ada. Orang yang slalu ngerti keadaan kita yang seperti ini, dan tentu sebaliknya kita juga mengerti mereka.
Kadang gesekan juga sering terjadi diantara 2 orang sahabat dan beberapa, mungkin itu oleh karna masalh sepele yang sebenarnya gak penting. Tapi sebagai seorang sahabat sejati, harus ada yang mengalah/mengerti diantaranya. Itulah bumbu-bumbu dalam persahabatan, pasti ada suka, duka, pertengkaran, perselisihan, ataupun persaingan. Apabila kita bisa melalui semua tantangan/cobaan itu, Yeah..PERSAHABATAN kita akan semakin solid dank e solid an kita bersahabat akan tahan uji, jika sikap saling mengerti dan setia kawan slalu tertanam di benak kita.
Entah mengapa mengapa, ku slalu mengAgungkan yang namanya SAHABAT,(walaupun banyak yang menganggap sepele), Coba bayangkan bila aku tanpa mereka dan sebaliknya mereka tanpa aku, tetap saja suatu moment akan terasa kurag lengkap/special tanpa sahabat.
Banyak juga yang bilang juga, hati-hati dengan orang yang kamu anggap sahabat, kadang mereka akan menusuk kita dari belakang. Bahkan hingga ada ungkapan yang bunyinya “Musuh besarmu adalah sahabat dekat kalian sendiri”, ini memang imposibble. Dan saya juga percaya, tapi itu jika kurangnya rasa pengertian dan juga tipisnya rasa kesetiaan kawan.
Disini saya sudah mengalami pahit indahnya persahabatan (bukan hanya sekedar teman, tapi sahabat). Ada sahabat dari kecil yang mungkin ku kira dia akan menjadi sahabat hingga akhir hayat, tapi karna beberapa ketidak cocokan akhirnya hanya berakhir dengan teman biasa (bukan sahabat, dan skali lagi dia bukan sahabat).
Mendapatkan seorang sahabat sejati tidak dapat diukur dari beberapa lama kita kenal ataupun umur yang sama/jarak yang dekat/jenis kelamin. Dimanapun itu sahabat, sejauh apapun, asal tetap terjaga komunikasi yang baik. Dan yakin saja ke SOLID-an tidaj akan pernah hilang.
Sekedar renungan saja dan untuk membuka memori kita. Coba deh ingat waktu kita kumpul bareng dan tertawa berkelakar, terbahak-bahak (hingga kadang berlebihan) itu sangat menyenangkan kawan !! Sampai-sampai jika kita bayangkan hal itu dalam lamunan kita, itu akan membangkitkan jiwa kita untuk ingin mengulangi hal gila itu lagi, bahkan kita juga akan ikut tertawa bila mengingat hal itu. Hingga terlihat seperti orang yang baru dapat togel (senyum-senyum sendiri). Contoh saat ini saya menulis ini dengan senyum.
Saya tuntun lagi ingatan untuk kenangan dimana sahabat berkumpul dan disaat itu kata sedih bareng, disaat satu orang sahabat sedang sedih lalu dia bercerita tentang kisah yang membuatnya sedih (curhat). Kamipun (sahabat yang lain) ikut merasakan apa yang sahabat sedang rasakan, hingga tak terasa kadang kita sampai meneteskan air mata, air mata untuk seorang sahabat tak akan pernah sia-sia kita keluarkan. Itu bukan sebuah bentuk solidaritas untuk beramai-ramai menangis tapi itu adalah rasa hati kita dari dalam hati kita ikut merasakan sahabat yang sedang sedih. Menakjubkan.. !!
Dikala senang/duka, banyak sekali hal konyol/ hal gila yang dilakukan bersam sahabat. Coba bayangkan??hmm..akan sanagt banyak bukan. Dan jika diceritakan pun tidak akan pernah habis dan tetap saja berakhir dengan gelak tawa. Kalaupun ditulis , tidak akan cukup satu buku, silahkan boleh dicoba. Sahabat … setelah kalian bayangkan hal yang sedih ataupun senang bersama sahabat (sejati) tentunya. Coba sejenak kalian sempatkan pandangi foto-foto sahabat di bingkai, dompet, hp, atau dimana saja. Pandangi foto mereka dengan penug arti dan ketenangan (bukan hanya sekedar pandangan biasa karna percuma) disitu kalian rasakan benar-benar rasa sahabat sejati itu, bayangkan disaat foto itu terjadi, dimana??dan kapan??apakah waktu itu akan terulang kembali seindah itu?? Itu bisa terjadi lagi tapi jelas dengan sikap tidak segila waktu SMA, seiring berjalannya waktu yang mendewasakan kita.
Sering jika sepi melanda hati ini, ku pandang foto sahabat. Foto yang kucu, konyol dan penuh dengan ketulusan seorang sahabat. Air mata pun tak terasa membasahi pipi ini. Kenapa bisa?karna diwaktu ini, rasa kangen tiba-tiba muncul dibenak. Masa dulu yang tak mungkin terulang, dan hanya bisa dikenang. Saya sejenak berfikir, kalian sedang apa? Apakah kalian mempunyai rasa seperti yang ku rasakan saat ini, tapi aku yakin tetap ada satu diantara sahabat. Aku juga heran, kadang kita bisa seperti kontak batin tanpa disengaja, dimana saat kita bersamaan mengirim sms.
Untukku kehilangan seorang sahabat sejati (bukan sekedar teman biasa) akan sangat menyiksa hati, daripada kehilangan kekasih. Tapi kadang ada seorang sahabat yang lebih penting pacarnya, ini sanagt membuat renggang persahabatan sejati yang membuat pudar kesolidan kita. But, it’s ok, kembali lagi ke rasa saling mengerti dan memahami.
Sahabat sejati, sahabat sejati, sejati sahabat, hanya kata ini saja yang saya ungkap, ini karna betapa sulitnya untuk mengungkap keindahan rasa persahabatan yang sungguh penuh makna dan arti.
Baru sejam menulis ini, dan sudah beberapa lembar tertulis tentang isi hatiku. Ini hanya sekedar tulisan saya untuk mengungkapkan rasa saying dan peduli saya rasa persahabatan.
Mencari sahabat memang mudah dan tidak terlalu sulit untuk orang yang supel, kapan saja dan dimana saja pasti akan mendapatkannya. Tapi…untuk bisa mendapatkan seorang saja yang dinamakan sahabat sejati itu adalah sangat sulit. Mereka bukan sembarang orang yang ada saat suka duka, tetapi mereka benar-benar mengerti kita. Bahkan kita sering juga menyamakan kesukaan mereka dengan kita. Dan rasa nyaman yang lebih itu menjadikan sahabat sejati benar-benar susah didapati. Slalu bergantian untuk mengalah agar rasa menghargai ada.
Terbuka/transparan menjadi hal yang sangat penting dalam persahabatan. Kadang hal itu yang membuat seorang sahabat membuat sahabat yang lain kurang nyaman. Mungkin karna kurang terbuka dengan hal apapun (mungkin juga dengan hal yang dianggap pribadi), hal pribadipun diceritakan pada sahabat sejati tak masalah, ingat !karna seorang sahabat sejati tetap bisa menjaga rahasia kita tak akan menjadi musuh dalam selimut. Mereka akan member solusi yang terbaik, jalan keluar untuk masalah walaupun hanya sedikit.
Senyum seorang sahabat dapat menenangkan hati kita yang sedang galau/gelisah. Kata ini tidak berlebihan tapi ini kadang yang sering tidak disadari. Jika sahabat gelisah, kitapun ikut merasakan, dan hati kita bertanya, ada apa dia??kenapa??
Memang terkadang posisi seorang sahabat sedikit tergantikan oleh kekasih. Dan disitu sahabat mencoba memahami, dimana ada saat untuk dia dan kita. Kita ikut seneng aja liat sahabat bisa seneng tapi tanpa melupakan sahabat.
Saya Cuma berharap persahabatan sejati tak akan pernah berakhir sampai kapanpun, kalaupun ajal memisahkan kita, apakah kita akan tetap masih menjadi sahabat?????memang pertanyaan yang berat (ndadak nyaterke becak saking beratnya)#intermezzo.Iya, kita akan tetap jadi sahabat, kita mendoakan yang telah tiada, tali sahabat sejati tak akan pernah putus. Egois, kers kepala, kita redam, kita jalin persahabatn dengan ego yang tipis, rasa setia kawan tanpa ada rasa curiga dan penghianatan. Keyakinan saya kepada mereka, saling menjaga perasaan agar tidak saling melukai sesama.
Ingin ku mengingat sedikit moment/kejadian (karna jika banyak ga akan cukup),
o   Saat kita bercanda bersama di kelas X, ngakak samapi tenggorokan kering diPantai, kita fun sama-sama, menggila disetiap tempat asal sama sahabat itu sangat menyenangkan. Semua kejadian-kejadian yang kita lalui menjadi sangat lebih berarti bila dengan sahabat,
o   (Pas gelut mbien bareng-bareng raketan aku tok sing ning ngarep dewe, tapi yo mending daripada do ra melu,ahahaha..@kost mas Cus)
o   Pulang sekolah hujan deres (muleh trimo nganggo celana boxer ro dayu malah muter alun alun,pekok tenan og :D )
o   Karo risa niate mbolos ning Magelang, apes mulihe salah bis Mgl-Pwr dadi meh 3jam (iki crito ora lucu jane, marai  mangkel)
o   Kelingan pas kelas X.4 pelajaran Kimia with Bu Semsi similikiti ora nganggo weleh weleh, Ari  malah itel itel wae ngomonge(karang ra ngerti artine) dadi aneh dewe Ari, ngakak kabeh..
o   Pas aku dibandem kapur karo Bu Uci guru Fisika (risa le mratekke dengan gaya lebay) le ngindo lucu jare, meh ae kapur mlebu cangkemku
o   Pas pelajaran Pak Tunung do ijin ning WC kabeh, murid gari 10 (kui gari sing pinter kabeh.
o   Si sobat Siti nek ngguyu ra ana suarane, dadi mung abab to sing metu (karo irunge mengkis-mengkis kaya semut push up)
o   Pas Eskul pramuka mlebu jam 2, coz udan deres banget mangkat seko umahe Ari (aku, siti, dayu,risa, anis,ari) tekan skolahan jam setengah 4. Teles kabeh, (dayu le muni-muni mergo softek’e teles,hahaha…)moment yang ga akan lupa
o   Risa kudune melu Olimpiade Biologi malah mbolos ro aku, mung turu ning umahe risa mergo mbengine begadang nonton bokep,ahahahaa..aku le nonton karo Bismillah og pie, njuk tutup moto)thx sa, ngancani aku turu padahal koe kudune ning SMA 1 lomba Biologi)
o   Di panggil ning BK (aku, ari, risa, dayu, siti) anis jane iyo tapi karang kudungan jare ketok kalem padahal pas ngakak mangap dewe#PissNis) goro gorone mung nek ngakak ojo seru seru, karo ceriwit jare.
o   Pas ning Kebun Teh  Sapuran minggat muleh sekolah modal niat karo bensin nggo seragam olahraga training neh, ning Wonosobo (tidak ada yang mengabadikan moment, soale ndisik Hp ne podo elik elik) mulihe Anis mboncengke dayu, gayane tiru koyo rossi meh nyelip truk guedi tenan tapi malah ra candak njuk tibo sak durungr tibo dayu mlumpat sik dadi aman, lha anis wudel enduwure bolong, malah sing dicekeli tangane,,hmm..Best moment !
o   Pas ning kelas X, foto-foto ana penampakan ning Hp Ari, do nangis malah. Lha aku bingung, mlayu melu etok-etok nangis, malah akhire nangis tenan coz dayu ngrangkul aku karo njaluk gendong barang, wah abot cuuukk..
o   Muleh skolah karo siti,dayu,anis bareng ban ku bocor ning alun-alun dituntun nganti Sindurjan eh malah dayu ro anis sing motore apik apik wae melu dituntun (tak kira melu prihatin jebul ngirit bensin,,huahaaa..) pokoke tekan sucen, bocor ping 4,lah apess
o   D’Rasta kondangan ning ari nikahe mbak e ari, dandan habis-habisan nggo kebaya (mergo tamune polisi, tentara) ngado ra sepiro, kabeh stand panganan disikat, njuk risa diarani tamune biduan !ahahaaaa
o   Aku, risa, dayu gayane meh gelut karo konco chating dayu ning krekop ditunggu ra teko teko akhire melakukan adegan gemblung, nganggo hellm standar diwalik njuk numpak motor..(oh malu jane )
o   Nyukur rambute anis ning kelas, dipethak pethak, kok yo diomong apik anis manut ae jal..
o   Sore sore gojek ning halaman Polres Pwrjo (mek-mekan susu,aku,dayu,risa *sing marai ki dayu ketoke)akhire pas magrib bapak Polisi botak tua njuk metu..nah spontan mlayu..nganti risa mlayu lali motore ditinggal,ngipriit koyo PSK keno razia satpol PP)Shiit pak pol
o   Siti njupuki Pramodya A.Tour ning perpus lengkap serine..(jan bocah wegah rugi karo le mbayar sekolah)siip
o   D’Rasta tuku borjo ning ngarep skolah ngerjani bakule nganti ngganteng,,ahahaha,njaluk tambah terus,aku,dayu,risa 2 mangkok,telih-telih bagor(nk aku gono dadi gedi dewe)
o   Anis maju lomba silat, wes kalah jek oleh juara, maine nibo terus neh,padahal sporter e semangat bgt (opomeneh dayu)
o   Kemana aja Cuma ada 2 modal yaitu niat n bensin. Padahal blas ga ana duit tetep fun !
o   Siaal//pas aku jeh njempong (gayane tiru Pak ALIF) pas ndilalah nganggo rok rimple koyo korden, siti jaile metu, rok dibuka mak byak !koyo mbuka korden tenan,(wah cawetku rodo bolong jane) maluu..tapi karang isinku sithik, jadi baik-baik saja..
o   Nggelar Koran ning mburi dewe njuk turu pas pelajaran bhs inggris (oh..indahnya)
o   Aku ro risa ngerjani mei a.k.a kathing mejone dideleh ngarep kelas, nganti mei mutung (soro mai )tak sengaja..ahahaha
o   Ya ALLAH……masa-masa indah ini Cuma ada di SMA !!!semua kejadian masih banyak banget tapi ga cukup ku tulis…semoga sahabat yang lain slalu mengingat indahnya semua ini, walau tanpa ditulis seperti ini..

    0 komentar:

Posting Komentar